Definisi Spillways

  1. Spillways (lubang besar atau katup) merupakan suatu struktur yang digunakan untuk menyediakan tempat kontrol arus dari bendungan atau tanggul yang menuju ke daerah hilir.
  2. Spillways adalah sebuah metode yang digunakan untuk mengendalikan pelepasan air yang mengalir dari bendungan atau tanggul ke daerah hilir.

Manfaat Spillways

Karena spillways terdapat disungai yang dibendung. Maka spillways merupakan solusi untuk mengatasi  banjir.

Desain Struktur Spillways

Bentuk struktur spillways

  1. Bentuk lingkaran (tabung)
  2. Bentuk persegi (aplikasi dalam kehidupan nyata jarang atau aplikasinya belum ditemukan)

Cara Kerja Spillways

Dalam pembahasan ini akan dibahas spillways yang berbentuk lingkaran (tabung). Spillways yang berbentuk lingkaran seperti sebuah pipa yang ditanam tegak lurus bidang tanah.  Sehingga pada saat volume air tinggi, air tidak dapat melampaui tinggi bendungan yang dapat menyebabkan kerusakan atau bahkan menghancurkan bendungan. Sedangkan bagian dasar dari spillways ini merupakan struktur yang digunakan untuk melepaskan air secara teratur. Sehingga dapat dimanfaatkan sebagai pembangkit tenaga air.

Tipe-tipe Spillways

Spillway terletak di atas reservoir (waduk penampungan air). Bendungan juga mungkin memiliki gerai bawah dengan katup atau gerbang (pintu air) yang dapat dioperasikan untuk melepaskan aliran banjir, dan jika air meluap untuk mengatasi banjir sangat bergantung pada spillway dan pintu air yang dibawah bendungan.

Ada 2 tipe spillway :

1. Controlled Spillway

Spillway yang terkendali memiliki struktur mekanik atau gerbang untuk mengatur laju aliran air. Desain ini memungkinkan untuk mengatur ketinggian bendungan yang akan digunakan untuk penyimpanan air sepanjang tahun, dan saat banjir bisa dikeluarkan dengan membuka satu atau lebih spillways.

2. Uncontrolled Spillway

Spillway yang tidak terkendali, tidak memiliki pintu air, ketika air naik di atas bibir atau puncak katup maka air yang itulah mulai dikeluarkan dari reservoir. Laju debit dikendalikan hanya dengan kedalaman air dalam reservoir. Semua volume penyimpanan dalam reservoir di atas puncak Spillway hanya dapat digunakan untuk penyimpanan sementara air banjir, dan tidak dapat digunakan sebagai tempat penyimpanan air bersih.